Páginas

Sabtu, 23 Juli 2011

Apa itu Attitude ?

Sikap atau Attitude adalah membangun hipotetis yang mewakili seperti individu atau tidak suka untuk item. Sikap adalah pandangan positif, negatif atau netral dari suatu " sikap objek ": yaitu perilaku, seseorang atau peristiwa. Orang juga bisa "mendua" terhadap target, yang berarti bahwa mereka secara bersamaan memiliki positif dan bias negatif terhadap sikap tersebut.

Sikap terdiri dari berbagai bentuk penilaian. Sikap mengembangkan pada model ABC (mempengaruhi, perubahan perilaku dan kognisi). Respon afektif adalah respon fisiologis yang mengekspresikan preferensi individu untuk suatu entitas. Tujuan perilaku adalah indikasi verbal dari maksud seorang individu. Respon kognitif adalah evaluasi kognitif entitas untuk membentuk sikap . Kebanyakan sikap pada individu adalah hasil dari pengamatan belajar dari lingkungan mereka.

Sikap dapat diubah melalui persuasi . Karya Carl Hovland dirayakan, di Yale University pada 1950-an dan 1960-an, membantu untuk memajukan pengetahuan tentang persuasi . Dalam pandangan Hovland, kita harus memahami perubahan sikap sebagai respon terhadap komunikasi. Dia dan rekan-rekannya melakukan penelitian eksperimental ke faktor-faktor yang dapat mempengaruhi persuasif dari pesan:
1. Sasaran Karakteristik: 
      Ini adalah karakteristik yang mengacu pada orang yang menerima dan memproses pesan. Salah satu sifat tersebut adalah intelijen - tampaknya bahwa lebih banyak orang cerdas yang kurang mudah dibujuk oleh satu-sisi pesan. Variabel lain yang telah dipelajari dalam kategori ini adalah harga diri . Meskipun kadang-kadang berpikir bahwa mereka lebih tinggi di harga diri kurang mudah dibujuk, ada beberapa bukti bahwa hubungan antara harga diri dan persuasibility sebenarnya lengkung, dengan orang-orang moderat harga diri yang lebih mudah dibujuk dibandingkan baik yang tinggi dan rendah diri tingkat (Rhodes & Woods, 1992). Kerangka pikiran dan suasana hati dari target juga memainkan peran dalam proses ini.

2. Sumber Karakteristik: 
      Karakteristik sumber utama adalah keahlian, kepercayaan dan daya tarik interpersonal atau daya tarik. Kredibilitas pesan dianggap telah ditemukan untuk menjadi variabel kunci di sini (Hovland & Weiss, 1951), jika seseorang membaca sebuah laporan tentang kesehatan dan percaya itu berasal dari sebuah jurnal medis profesional, satu mungkin lebih mudah dibujuk dibandingkan jika seseorang percaya itu dari sebuah surat kabar populer. Beberapa psikolog telah memperdebatkan apakah ini adalah efek jangka panjang dan Hovland dan Weiss (1951) menemukan efek dari memberitahu orang-orang bahwa pesan datang dari sumber yang dapat dipercaya menghilang setelah beberapa minggu (yang disebut "efek tidur"). Apakah ada efek tidur adalah kontroversial. Menerima hikmat adalah bahwa jika orang diberi informasi sumber pesan sebelum sidang itu, ada kemungkinan kurang dari efek tidur daripada jika mereka diberitahu pesan dan kemudian memberitahu sumbernya.

3. Pesan Karakteristik: 
      Sifat dari pesan memainkan peran dalam persuasi . Kadang-kadang menyajikan kedua sisi dari sebuah cerita berguna untuk membantu mengubah sikap.

4. Rute kognitif: 
Sebuah pesan dapat mengajukan banding untuk evaluasi kognitif individu untuk membantu mengubah sikap. Dalam rute pusat persuasi individu disajikan dengan data dan termotivasi untuk mengevaluasi data dan tiba pada sikap mengubah kesimpulan. Dalam rute perifer untuk mengubah sikap, individu didorong untuk tidak melihat isi tapi pada sumbernya. Ini biasanya terlihat pada iklan modern yang fitur selebriti. Dalam beberapa kasus, dokter, dokter atau ahli yang digunakan. Dalam kasus lain bintang film yang digunakan untuk daya tarik mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar